Benarkah Shalat Dapat Mengatasi Stres?

20140827-shalat.jpg
Sedang stres? Entah itu karena tekanan di tempat kerja, hubungan sosial, masalah ekonomi, keluarga, pendidikan, penyakit, kegagalan, kondisi fisik, atau pun karena kematian orang-orang tersayang sebaiknya segera cari solusinya. Jika tidak, berbagai masalah seperti sulit berkonsentrasi, depresi, susah tidur, kepala pusing, dan lainnya bukan tidak mungkin akan dihadapi.

Sebetulnya, stres tidak hanya bisa diatasi dengan liburan, melakukan olahraga, berbagi, atau beristirahat saja tetapi juga bisa diatasi dengan mengerjakan shalat. Benarkah shalat dapat mengatasi stres? Yup, hal ini tidak lain karena shalat mengharuskan seseorang untuk melakukan beberapa hal berikut:

1. Fokus. Dalam shalat, seseorang harus bisa fokus. Artinya, seseorang harus bisa menyingkirkan semua masalah ringan atau berat yang sedang dihadapi. Tetapi, disarankan untuk memusatkan pikiran hanya kepada Sang Pencipta. Tujuannya tidak lain untuk menghadirkan kekhuyu’an dalam shalat. Nah, kondisi ini sedikit banyaknya dapat melunturkan stres dan penat yang ada, bukan?

2. Tenang. Shalat khusyuk tentunya wajib dimiliki setiap orang agar keutamannya bisa didapatkan dengan maksimal. Selain penuh perenungan dan penghayatan, shalat yang khusyuk juga harus disertai dengan ketenangan atau menyingkirkan rasa gelisah dan panik karena hal-hal tertentu. Dengan begitu, setelah shalat jiwa mereka akan lebih tenang.

3. Pasrah. Selain daripada itu, shalat mengharuskan seseorang untuk pasrah dan berserah diri kepada Allah terhadap masalah yang dihadapi. Dengan kata lain, dalam shalat orang bisa melakukan curhat kepada Sang Pencipta lewat doa-doanya. Ketahuilah, berbagi menjadi salah satu cara untuk dapat mengatasi stres.

4. Sabar. Dikutip dalam situs Himpunan Masyarakat Peduli Akhlak, orang yang berhasil mendapatkan keutamaan shalat yang khusyuk seperti halnya penghapusan dosa, mengatasi stres, dan lain sebagainya adalah orang yang mampu melaksanakan shalat dengan sabar. Sabar dalam artian tidak tergesa-gesa dalam membaca dan melakukan gerakan shalat.

Category: Informasi